Friday, August 19, 2016

Apa itu Martabak ? Asal Usul Martabak dan Sejarah Martabak

Martabak Manis Macha Green Tea Cokelat KacangMartabak Enak Indonesia - Pernahkah anda merasa ingin ngemil di saat malam hari ? Atau anda ingin makan sesuatu yang cocok untuk menemani anda dan teman-teman anda saat berkumpul ? Tentu saja anda sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Ya, MARTABAKMartabak adalah makanan yang sangat populer di Indonesia, tidak hanya di kota-kota besar seperti Jakarta, Bangka dan Bandung, namun juga hampir di seluruh Indonesia. Martabak di Indonesia ada 2 jenis, yaitu Martabak Manis / Kue Terang Bulan dan Martabak Asin / Martabak Telor. Kedua jenis martabak tersebut berbeda dari segi rasa, adonan, isinya, dan cara memasaknya atau membuatnya. Uniknya, walaupun kedua jenis martabak tersebut sangat berbeda, namun para pedagang sering menjual kedua jenis martabak itu bersamaan. Untuk harga dari martabak manis maupun martabak asin / martabak telor sangat bervariasi namun tetap terjangkau.

Martabak Manis atau Kue Terang Bulan

Martabak ManisMartabak manis adalah makanan khas Bangka Belitung, dimana orang sana menyebutnya Hok Lo Pan. Martabak manis pada umumnya terbuat dari adonan campuran terigu, telur, dan gula, namun terkadang juga ada yang menambahkan susu dan baking powder atau baking soda. Untuk isi dari martabak manis sekarang ini sangat bervariasi, dari yang paling biasa seperti cokelat, susu, dan keju, sampai yang paling modern seperti macha green tea, strawberry, blueberry, red velvet, toblerone, nutella, ovomaltine, dll. Cara pembuatannya dapat dibilang cukup mudah, kita hanya perlu memanggang adonan di pangganan berbentuk bulat, setelah itu menaruh isi sesuai selera, lalu dilipat dan diolesi dengan margarin, kemudian di potong untuk lebih mudah memakannya. Yang membuat Martabak Manis sangat digemari adalah rasanya yang sangat manis dan isinya yang dapat di sesuaikan dengan selera.

Martabak Asin atau Martabak Telor


Martabak Asin Martabak TelorMartabak asin atau martabak telor berasal dari Arab. Adonan dari martabak telor ini cukup mudah yaitu tepung terigu, air, garam, dan tentunya telur. Biasanya, telur yang digunakan adalah telur ayam atau telur bebek. Untuk isi dari martabak telor ini biasanya adalah daging ayam atau daging sapi dan sayuran.Cara pembuatannya berbeda dengan martabak manis yang dipanggang, martabak telor dibuat dengan cara menggoreng. Adonan yang sudah jadi dituang ke panci berisi minyak panas dan di rendam, setelah itu daging dan sayuran dituang ke atas adonan, kemudian di lipat. Martabak telor memiliki rasa yang gurih dan asin.